Kamis, 15 November 2012

CONTOH PIDATO TENTANG PENDIDIKAN

PIDATO TENTANG PENDIDIKAN

Saudara-saudara yang kami hormati,

Pendidikan adalah modal utama untuk kemajuan bangsa. Negara kita dapat bersama dan meraih kemerdekaan, salah satunya dan yang paling utama adalah karena masyarakat Indonesia sudah mulai mengenyam pendidikan.
Para tokoh pergerakan kemerdekaan adalah akum terdidik, seperti Bung Karno, Bung Hatta , Syahrir dan lain-lain. Pada waktu itu pemerintah Hindia Belanda menerapkan politik Etis yang memberikan kesempatan kepada kaum pribumi untuk mendapat pendidikan.
Berkat politik ini, lahirlah warga pribumi yang dapat mengenyam pendidikan formal, yang akhirnya ketika dewasa mereka memahami bagaimana strategi yang benar untuk meraih kemerdekaan.
Saudara-saudara yang kami hormati,
Di masa kemerdekaan, pendidikan makin penting karena kemerdekaan membutuhkan tenaga terdidik untuk membangun. Dibutuhkan insinyur, dokter, sarjana hukum, sarjana ekonomi, apoteker, dan sebagainya yang dapat berperan membangun negeri ini.
Apalagi sekarang, persaingan antar negara membutuhkan kaum terdidik yang bukan hanya pintar namun juga kreatif dan mampu menghasilkan karya yang diharga di dalam negeri dan di luar negeri.
Sayang sekali jika tahun 70an hingga 80an banyak negara tetangga menuntut ilmu di negeri kita, kini sebaliknya, banyak warga kita yang belajar ke negara tetangga. Ini pertanda bahwa negara tetangga lebih maju dalam mengelola pendidikan.
Mari kita instrospeksi untuk dapat memperbaiki sistem pendidikan kita sehingga kita dapat mengembangkan pendidikan berkualitas.

2 komentar: